Pertarungan Kejahatan Mata Uang Kripto

Salah satu penghalang Bitcoin menjadi mata uang digital atau virtual yang berkelanjutan adalah asosiasinya dengan aktivitas kriminal atau teroris.

Sifat anonim dari transaksi Bitcoin membuatnya dengan cepat menjadi mata uang pilihan untuk aktivitas ilegal atau pasar gelap yang beroperasi di zona tersembunyi yang dikenal sebagai web gelap.

Jadi, menarik untuk membaca dalam laporan berita baru-baru ini bahwa Interpol, badan pemberantasan kejahatan internasional, menaruh minat aktif pada mata uang kripto dalam inisiatif terbarunya untuk menangani kejahatan di seluruh dunia.

Memadamkan api dengan api

Dalam langkah yang menarik, Interpol telah membuat mata uang kripto sendiri dan juga mengembangkan versi simulasi pasar web gelap yang mirip dengan situs web Silk Road yang terkenal yang ditutup oleh FBI.

Tampaknya langkah-langkah ini adalah bagian dari latihan untuk membantu Interpol lebih memahami peran yang mungkin dimainkan cryptocurrency dalam transaksi pasar gelap atau ilegal, sebuah langkah untuk menembus kerahasiaan web gelap.

Memahami sifat teknis dari jaringan Tor dari web gelap sangat penting jika lembaga penegak hukum seperti Interpol ingin berhasil menjatuhkan pasar online yang mengandalkan web gelap untuk menyembunyikan aktivitas mereka.

Apakah web gelap benar-benar ada?

Ini mungkin terdengar seperti sesuatu di luar fiksi ilmiah, tetapi web gelap tidak se-misterius kedengarannya. Pada dasarnya web gelap adalah bagian dari internet umum, tetapi untuk mengaksesnya Anda memerlukan beberapa alat atau perangkat lunak khusus. Peramban Tor spesialis benar-benar merupakan titik awal. Web gelap pada awalnya dirancang untuk melindungi privasi pengguna (dari mata-mata yang mengintip seperti lembaga pemerintah), tetapi anonimitasnya membuatnya menarik bagi orang-orang yang ingin menjaga aktivitas mereka dari jangkauan lembaga penegak hukum. Web gelap berbeda dengan bagian lain dari internet yang disebut web dalam. Web dalam terdiri dari sekitar 95% konten internet yang tidak diindeks oleh mesin telusur – sehingga hampir tidak mungkin ditemukan kecuali Anda memiliki tautan langsung ke konten yang relevan.

Mengapa Bitcoin digunakan di web gelap?

Sebagai mata uang kripto digital virtual, Bitcoin tidak diatur oleh bank nasional atau lembaga pemerintah mana pun. Ini pada dasarnya diatur sendiri. Tetapi yang membuatnya menarik sebagai metode pembayaran online untuk transaksi web gelap adalah membantu menjaga anonimitas pihak yang bertransaksi. Bahkan jika lembaga penegak hukum dapat menembus kerahasiaan web gelap, mereka masih akan kesulitan untuk membuktikan siapa yang bertanggung jawab atas transaksi yang relevan, sehingga hampir tidak mungkin untuk mengamankan hukuman.

Manfaat dari semua pengawasan ini bagi pemegang Bitcoin adalah membantu menunjukkan bahwa mata uang kripto dapat memainkan peran yang sah dalam urusan keuangan dunia, meningkatkan penerimaannya sebagai metode pembayaran yang valid dengan nilai nyata. Semakin banyak Bitcoin diterima sebagai metode pembayaran arus utama yang valid maka semakin berkelanjutan mata uang tersebut dan itu a Dijamin Adil.

Uang kriptografi adalah uang tunai lanjutan. Itu menyiratkan tidak ada koin atau tagihan yang sebenarnya – semuanya ada di web. Anda dapat memindahkan mata uang digital ke seseorang secara online tanpa perantara, mirip dengan bank. Bitcoin dan Ether adalah bentuk uang kriptografi yang terkenal, namun mata uang digital baru terus dibuat.